Bimtek Analisis Pola Konsumsi Pangan Berbasis PPH

Kamis 16 November 2023, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah mengadakan Bimbingan Teknis Analisis Pola Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH) . Kegiatan yang dibuka langsung Oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini dihadiri oleh peserta Bimtek yang berasal dari Penyuluh Pertanian Lapangan, Bimtek Analisis Pola Konsumsi Pangan Berbasis PPH ini bertujuan untuk melatih calon enumerator survey analisis konsumsi pangan untuk memahamai cara pengisian quisioner yang benar sebelum terjun langsung ke masyarakat.

Didalam sambutannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan mengatakan Tujuan akhir pembangunan Ketahanan Pangan adalah menjamin konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) baik pada tingkat individu maupun rumah tangga. Dengan demikian, Kebutuhan konsumsi pangan penduduk harus dipenuhi secara merata sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumberdaya, kelembagaan, dan budaya lokal.

Dengan demikian perlu dilakukan analisis situasi konsumsi pangan penduduk yang sesuai dengan norma gizi untuk hidup sehat dan produktif. perencanaan konsumsi pangan jangka pendek, menengah dan panjang yang tepat perlu disusun dan dijadikan dasar penyusunan strategi pemberdayaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan sesuai dengan norma beragam, bergizi seimbang dan aman (b2sa)

pada kesempatan ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga turut memberikan materi yang berjudul “Prinsip Analisis dan perencanaan konsumsi pangan wilayah , Analisis Konsumsi Pangan meliputi analisis kuantitas dan kualitas konsumsi pangan dengan menggunakan indikator tingkat konsumsi energi, tingkat konsumsi protein, dan skor PPH. selain itu menggunakan aplikasi ini, dapat dilaksanakan pula Analisis dan Perencanaan Subsistem Ketersediaan Pangan dan Akses Daya Beli Penduduk Terhadap Pangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *